Perbedaan Kucing Anggora Dan Persia

Kucing Anggora dan Persia merupakan jajaran kucing yang paling sering dipelihara di  Indonesia, juga kerap dipelihara di seluruh dunia. Bagi orang yang kurang mengetahui perihal kucing, jikalau mereka ditanya “Kalau kau pengen melihara kucing, kira-kira kucing apa?” Pasti kebanyakan akan menjawab kucing Persia atau kucing Anggora.


Kedua jenis kucing peliharaan ini sangat populer alasannya ialah memang banyak yang menyukainya.


Kucing tersebut sama-sama mempunyai bulu yang indah juga panjang dan sifatnya yang lucu sehingga orang-orang gampang tertarik kepadanya.


Bagi pecinta kucing mungkin akan gampang untuk mengetahui perbedaan kucing Anggora dan Persia, namun bagaimana dengan orang awam yang belum mengetahui lebih lanjut perihal kedua ras kucing peliharaan tersebut?


 



Perbedaan Kucing Anggora dan Persia


Kucing Anggora dan Persia merupakan jajaran kucing yang paling sering dipelihara di  Indon Perbedaan Kucing Anggora dan Persia


Gambar Perbedaan Kucing Anggora dan Persia


Supaya kamu mengetahui kucing apakah yang akan kamu adopsi atau sudah dimiliki itu ras kucing Anggora atau Persia, KucingPedia.com akan memperlihatkan isu mengenai 6 perbedaan kucing Anggora dengan Persia mulai dari bentuk fisik sampai sifat si kucing :


1. Daerah asal


Kucing Anggora dan Persia merupakan jajaran kucing yang paling sering dipelihara di  Indon Perbedaan Kucing Anggora dan Persia
Kiri : tempat asal kucing Anggora. Kanan : tempat asal kucing Persia


Kucing Anggora – kucing ini merupakan salah satu ras tertua dari kucing, berasal dari tempat Ankara (Angora) di Turki yang konon dikenal semenjak tahun 1600an.


Kucing Persia – ras kucing berbulu panjang ini berasal dari tempat Persia (sekarang Iran) yang pertama kali dibawa atau diperkenalkan ke negara Italia sekitar tahun 1620an dan kesannya dapat populer sampai ke Indonesia.


 


2. Bentuk wajahnya


Kucing Anggora dan Persia merupakan jajaran kucing yang paling sering dipelihara di  Indon Perbedaan Kucing Anggora dan Persia
Perbedaan Bentuk Wajah Kucing Anggora dan Persia


Kucing Anggora – si kucing Anggora memilki bentuk wajah ibarat kucing lokal atau kucing kampung, bentuknya sedikit segitiga dengan hidung yang sedikit mancung. Kemudian telinganya cenderung runcing dan panjang.


Kucing Persia – untuk kucing Persia bentuk wajahnya cukup bulat, dengan hidung yang kebanyakan pesek (untuk Persia Peaknose) atau tidak terlalu mancung (untuk kucing persia medium), kemudian jikalau kamu memperhatikan bab samping dari kucing ini, dahi, hidung dan dagu terlihat datar. Mata dari kucing persia juga bervariasi dibanding si kucing Anggora.


 


3. Tubuhnya


Kucing Anggora dan Persia merupakan jajaran kucing yang paling sering dipelihara di  Indon Perbedaan Kucing Anggora dan Persia
Gambar perbedaan fisik kucing anggora dan persia medium


Kucing Anggora – ukuran badan dari kucing Anggora ini dapat dibilang ideal, ia terlihat langsing kemudian ototnya tidak menonjol. Ia juga punya bentuk badan yang terlihat lebih tinggi.


Kucing Persia – untuk kucing Persia, ia terlihat lebih gemuk lingkaran dibandingkan dengan kucing Anggora. Badannya juga tidak setinggi kucing Anggora, alasannya ialah dapat dilihat dari kakinya yang pendek namun kokoh besar dengan caakar yang membulat.


Supaya gemuk dan sehat, lihat rujukan artikel kucing ini :



 


4. Bulunya


Info terkait: Cara Merawat Kucing Anggora


Semua jenis kucing, kecuali jenis Sphinx lazimnya memilki bulu-bulu yang menyelimuti hampir semua bab tubuhnya. Kemudian dari bulu ini kita juga dapat gampang membedakan jenis kucing tertentu.


Kucing Anggora – pada kucing Anggora umumnya punya bulu yang tebal tapi tidak setebal kucing Persia, namun pada ekor kucing Anggora bulunya paling panjang dan tebal bahkan disebut sebagai ekor musang alasannya ialah kemiripannya.


Pada bab wajah, bulu yang dimiliki kucing Anggora tidak tebal maupun panjang sehingga lebih cenderung sedikit lebih lebat dibandingkan dengan kucing lokal.


Kucing Persia – kemudian pada kucing Persia dikenal sebagai kucing yang bulunya tebal, dari bulu di wajahnya saja sudah tebal. Dari leher sampai ekor juga ditutupi oleh bulu yang tebal khususnya kucing Persia yang berdarah murni.


 


5. Ekornya


Kucing Anggora – kalau kau sudah baca ciri-ciri kucing anggora yang orisinil niscaya kau bakal tahu kalau ekor kucing anggora mempunyai bulu yang cukup tebal layaknya kemoceng atau ekor musang.


Kucing Persia – ekor kucing persia bulunya sudah selebat bulu di seluruh tubuhnya, namun biasanya pada ekor tidak selebat kucing anggora.


 


6. Kepribadiannya


Kucing Anggora – pada kucing Anggora, ras kucing ini umumnya lebih aktif, bahagia bermain, energik dan penurut. Kucing Anggora cukup cerdas, suka berinteraksi dengan manusia, punya rasa ingin tahu yang tinggi, gampang dilatih, menyesuaikan diri dan ramah dengan insan maupun binatang lain (Wikipedia Indonesia).


Kucing Persia – kucing ini punya sifat yang berbeda dengan kucing Persia, ia lebih kalem, penurut, sedikit malas dan manja.


 


7. Aktivitasnya


Kucing Anggora dan Persia merupakan jajaran kucing yang paling sering dipelihara di  Indon Perbedaan Kucing Anggora dan Persia
Gambar perbedaan kucing anggora dan persia dalam aktivitasnya


Kucing Anggora – kucing Anggora bahagia duduk di lantai atau di sekitar pemiliknya lho, ia juga lebih waspada dengan sekitar dan suka pergi mencari tempat yang tinggi di rumah untuk dinaiki, ia juga suka bermain dan berlari-lari dengan temannya ataupun kamu. Cara berjalan kucing Anggora juga luwes, terlihat menggemaskan apabila kita memperhatikannya sedang berjalan.


Kucing Persia – dari sifatnya yang sedikit malas dapat dibuktikan dari ketika beraktivitas yang tidak seenergik kucing Anggora. Ia cenderung lebih suka membisu di tempat ataupun istirahat. Cara berjalannya pun juga lambat dan terlihat manja.


 


8. Perbedaan harganya


Kucing Anggora – harga rata-rata kucing anggora orisinil terbilang mahal, yaitu sekitar $700.


Kucing Persia – harga rata-rata kucing persia lebih murah dibandingkan dengan kucing anggora, sekitar $550.


 


9. Masalah kesehatan


Kucing Anggora – kucing anggora ketahanan tubuhnya bagus, penyakit biasa ia akan bertahan. Pokoknya jarang sakit, tapi kau perlu perhatikan penyakit ini : Ataxia, Hypertrophic Cardiomyopathy.


Kucing Persia – kucing persia daya tahan tubuhnya tidak sebagus anggora, problem kesehatan yang harus diperhatikan : Susah bernafas/nafas yang berisik, Cherry Eye, Dental Malocclusions, Entropion, Excessive Tearing, Heat Sensitivity, Polycystic Kidney Disease, Ringworm, Seborrhea Oleosa.


 


10. Nama panggilan


Kucing Anggora – biasanya dipanggil turkish anggora kalau gak ya anggora aja.


Kucing Persia – Longhair, Persian Longhair


 


11. Grooming


Kucing Anggora – grooming untuk kucing anggora tidak ribet dan tidak terlalu diperhatikan. Namun tetap penting


Kucing Persia – alasannya ialah bulunya lebat dan kesehatan yang rentan dibandingkan dengan kucing anggora, kucing persia butuh perhatian ekstra dalam hal grooming


Baca juga: Harga Kucing Anggora


 


Pilih kucing Anggora atau Persia?


Lebih baik memelihara kucing Anggora atau Persia? Perhatikan terlebih dahulu yang kamu inginkan yang ibarat apa.


Jika kamu menginginkan kucing yang aktif dan suka bermain denganmu, maka kucing Anggora merupakan pilihan yang tepat.


Kemudian jikalau kamu menginginkan kucing yang imut, lucu dan tidak terlalu suka mengganggumu, maka kucing Persia yang manis ini menjadi pilihan yang tepat.


Bagaimana, sudah paham mengenai perbedaan kucing Persia dengan Anggora? Informasi beda antara kucing Anggora dan Persia ini mengkutip dari beberapa website terpercaya ibarat wikipedia dan KucingKita.


Semoga artikel ini membantumu untuk mengenal lebih baik perihal kucing Anggora maupun kucing Persia.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon