Cara Memotong Kuku Kucing

Kuku mempunyai peranan yang penting untuk kucing. Kuku kucing menjadi senjata utama untuk kucing selain taringnya, kucing juga sangat merawat kukunya untuk menjadi tajam dan lancip. Tapi bagi banyak orang yang memelihara kucing, kukunya juga dapat menyebalkan sebab perabotan di rumah dapat rusak karenanya. Mungkin ini menjadi salah satu alasan utama kau mencari cara memotong kuku kucing yang benar ya?


Tapi pernah tidak kau mendengar kalau kita dihentikan memotong kuku kucing? Mungkin pernah ya, tapi itu sebetulnya tidak salah namun perlu diluruskan. Kuku kucing yang kita potong yaitu ujung kukunya saja ya, bukan semuanya atau bahkan mencabut kuku kucing..bukan.



 



Cara Memotong Kuku Kucing


Jika kau gak mau membawa kucing ke Pet Shop untuk digunting kukunya dan berfikir untuk memotongnya sendiri di rumah, artikel ini sempurna banget buat kamu. Berikut ini cara untuk memotong kuku kucing yang sudah kami rangkum lengkap dan tentunya kondusif untuk kucing. Namun sebelumnya kau siapin dulu ya gunting kuku kucingnya.


 


1. Tekan telapak kaki kucing


Kuku mempunyai peranan yang penting untuk kucing Cara Memotong Kuku Kucing


tekan telapak kaki si kucing menyerupai di gambar


Untuk mempermudah kau memotong kuku kucing, pertama kita tekan dahulu telapak dan atau jari kakinya. Gunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk menekan dari bawah salah satu cuilan jari si kucing. Kenapa? Kalau kita tekan telapak kaki si kucing, kuku si kucing akan keluar dan kita dapat gampang memotongnya.


 


2. Perhatikan posisi menggunting kuku


Kuku mempunyai peranan yang penting untuk kucing Cara Memotong Kuku Kucing
Cara Memotong Kuku Kucing yang baik dan Benar. via : catster.com


Prinsip utama dalam posisi memegang pemotong kuku atau dalam pemotongan kukunya yaitu dari atas (vertikal), bukan dari samping. Kalau dipotong dari samping nanti kukunya dapat pecah.


 


3. Potong cuilan yang benar


Kuku mempunyai peranan yang penting untuk kucing Cara Memotong Kuku Kucing
bagian kuku kucing yang boleh dipotong


Kita aja kalau kukunya dipotong terlalu dalem dapat kesakitan, kucing juga sama dong. Seperti gambar diatas, yang dipotong hanya cuilan ujungnya saja yang terlihat tipis dan runcing sedikit. Jangan memotong  di batas daging atau yang ada warna merah dan jangan potong kuku jempolnya.


 


4. Satu per satu


Kuku mempunyai peranan yang penting untuk kucing Cara Memotong Kuku Kucing
cara memotong kuku kucing yang baik dengan bertahap


Cara memotong kuku kucing yang ketiga yaitu dengan memotong kukunya satu per satu. Kaprikornus pekerjaan memotong kuku kucing nya akan final dengan rapi.


 


5. Hati-hati


Kuku mempunyai peranan yang penting untuk kucing Cara Memotong Kuku Kucing
hati-hati memotong kuku kucing, kalau gak nanti ia dapat kesakitan


Karena memotong kuku ini pekerjaan yang bekerjasama dengan kesehatan si kucing, jadi kau harus berhati-hati. Seperti yang udah admin katakan sebelumnya, jangan hingga terkena cuilan merah kuku atau quick nya. Kalau kena nanti kuku kucing berdarah dan kesakitan.


 


Tips Dalam Memotong Kuku Kucing


1. Waktu menggunting kuku kucing


“Kak, sebaiknya potong kuku kucing berapa kali?” Sebaiknya sih 2 ahad sekali, sebab biasanya 2 ahad kukunya udah mulai runcing. Terus kalau kucingmu masih suka mencakar barang-barang dirumah, kasih ia daerah untuk mencakar. Contoh daerah mencakarnya dapat pake papan (board claws atau  cat claws).


 


2. Latih semenjak dini


Kalau kau punya kucing yang masih kitten atau bayi, sebisa mungkin membiasakan si kucing untuk dipotong kukunya. Kalau kukunya sudah biasa dipotong semenjak kecil, nanti ia tidak akan merasa takut untuk dipotong kok. Berbeda hal kalau kau lakukan ke kucing besar yang gres pernah dipotong kukunya, niscaya ia akan merasa tidak nyaman dan mengamuk!


 


3. Memberi jeda pemotongan


Untuk kucing yang gres pernah dipotong kukunya atau tidak suka dipotong, berilah jeda waktu dalam pemotongan kuku. Contohnya  memotong satu cuilan kuku atau dua cuilan kuku dalam satu hari, besoknya sisanya atau beberapa bagian. Ini dilakukan supaya kucing tidak murka dan mulai membiasakan diri.


 


5 langkah dalam memotong kuku kucing ini dapat lakuin dengan gampang di rumah. Kamu juga dapat meminta sumbangan teman yang mungkin dapat membantu memegang si kucing semoga tidak ngamuk, atau pun ia yang memotong kuku. Sudah final membaca? Ayo lakukan cara gampang memotong kuku kucing sendiri di rumah kamu!



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon