Ciri-Ciri Ras Kucing Anggora

Sekitar 3 tahun yang lalu, aku memelihara kucing Anggora yang saya namai dengan sebutan Mochi, alasannya yaitu bulunya yang putih dan kalau sedang tidur tubuhnya seakan membulat menyerupai camilan manis Mochi gitu yaa walau beliau bukan kucing anggora orisinil jadi udah gabungan gitu. Kucing Anggora ini merupakan salah satu ras kucing yang paling digemari untuk dipelihara di Indonesia lho.


Tidak hanya bulunya yang memikat, namun tingkah lakunya yang aktif menciptakan banyak masyarakat menjadikannya kucing peliharaan untuk teman bermain di rumah dan menjadi salah satu alasan kenapa saya memelihara kucing ini.


Seperti yang udah kita tahu bahwa kucing Anggora ini berasal dari Turki yang berasal dari tempat Angora (sekarang Ankara) di Turki sana tentunya.


Kemudian selain gemar untuk dipelihara, kucing ini juga kerap dibudidayakan! Kucing Anggora yang populer ini dibudidayakan salah satunya ialah untuk diadopsikan.


Jika kamu ingin mengadopsi kucing Anggora yang orisinil ini, tentunya kau harus memperhatikan ciri-ciri kucing Anggora asli yang tentunya memperjelas perbedaan kucing anggora orisinil dan campuran lainnya khususnya dengan kucing yang banyak orang sulit membedakannya, si kucing Persia.


Kira – kira apa saja ciri-cirinya?


Perlu diperhatikan bahwa informasi ini belum sepenuhnya akurat, namun dapat menjadi contoh dalam melirik ciri kucing anggora.


 



Ciri-ciri Kucing Anggora Asli


Dalam artikel ini, ada 10 ciri-ciri kucing Anggora ras orisinil disertai foto kucing Anggora biar kau bisa membedakan kucing anggora orisinil dengan ras kucing lainnya :


 


1. Kepala kucing Anggora


 aku memelihara kucing Anggora yang saya namai dengan sebutan Mochi Ciri-Ciri Ras Kucing Anggora


Gambar Bentuk Kepala Kucing Anggora Asli . via : https://commons.wikimedia.org


Pertama dari bentuk kepala si kucing Anggora dapat dilihat bahwa bentuk kepala kucing ini sekilas terlihat menyerupai kucing lokal, bentuknya ialah segitiga terbalik dengan bab atas kepalanya lebih lebar dan kemudian semakin mengerucut ke bab dagu.


Pada kepala bulunya juga tidak terlalu panjang, terang berbeda dengan kucing Persia.


 


2. Telinga kucing Anggora


 aku memelihara kucing Anggora yang saya namai dengan sebutan Mochi Ciri-Ciri Ras Kucing Anggora
Gambar Bentuk Telinga Kucing Anggora Asli via : https://commons.wikimedia.org/


Tidak menyerupai kucing persia, kucing Aggora ini mempunyai indera pendengaran yang sedikit lebar di bab bawah dan besar kemudian mengerucut ke bab ujung indera pendengaran layaknya segitiga.


Kemudian jarak indera pendengaran kucing Anggora satu sama lain saling berdekatan, untuk bentuk indera pendengaran kucing Anggora ini sekilas memang terlihat menyerupai kucing lokal kebanyakan orang pelihara.


Telinga kucing Anggora tidak terlalu diselimut bulu yang lebat ataupun panjang, jadi telinganya terlihat dengan jelas.


 


3. Mata kucing Anggora


 aku memelihara kucing Anggora yang saya namai dengan sebutan Mochi Ciri-Ciri Ras Kucing Anggora
anak kucing anggora orisinil bermata biru manis via : petfinder.com


Mata dari ras kucing ini juga terbilang unik, matanya sedikit miring ke atas dan berbentuk buah almond. Warna mata biasanya kuning, bermata absurd (warna mata yang berbeda dengan warna mata yang lainnya) atau biru.


Oiya perlu kau tahu biasanya kucing Anggora bermata biru mempunyai kekurangan yaitu tuli, namun tentu tidak semua kucing Anggora bermata biru kan? Kaprikornus tidak problem walaupun terasa kasihan.


 


4. Hidung kucing Anggora


 aku memelihara kucing Anggora yang saya namai dengan sebutan Mochi Ciri-Ciri Ras Kucing Anggora
Foto Bentuk Hidung Kucing Anggora Asli. via :https://commons.wikimedia.org


Seperti layaknya kucing lokal, hidung kucing yang satu ini terlihat mancung didukung wajahnya yang lonjong. Kemudian kalau dilihat lebih dekat, hidungnya menyerupai sedikit ke atas dan lubang hidung yang terlihat.


 


5. Tubuh si kucing


Kucing Anggora umumnya mempunyai tubuh yang langsing, untuk pejantan Anggora lebih besar dari yang betina.


Kemudian panjang tubuh dapat dibilang cukup panjang tapi tidak panjang-panjang amat dan pada bab belakang sedikit lebih tinggi daripada bab depan si kucing.


Kemudian struktur tulangnya cukup bagus, dan tonjolan tulangnya dapat sedikit terlihat di badannya.


Biar makin sehat kucing anggoramu, baca : Panduan Makanan Kucing Anggora


 


6. Kaki si kucing


Kucing Anggora ini punya kaki yang cukup panjang yang menjadikannya terlihat tinggi.


Kaki yang menjadi daya tarik tersendiri ini didukung dengan ukuran tubuhnya yang sedang dan langsing, sehingga terlihat menyerupai pragawati yang dengan eloknya ia berjalan.


 


7. Ekor kucing Anggora


 aku memelihara kucing Anggora yang saya namai dengan sebutan Mochi Ciri-Ciri Ras Kucing Anggora
ekor kucing anggora orisinil yang panjang dan menyerupai kemoceng
via : www.askideas.com


Ekor yang dimiliki kucing Anggora ini sangat unik! Ekornya panjang, ditumbuhi bulu yang tebal dan lebat dibandingkan dengan bab tubuh yang lain.


Jika kalian mengamatinya dengan seksama, bulu ekornya yang mengembang dapat menyerupai ekor musang atau menyerupai kipas.


 


8. Bulu kucing Anggora


 aku memelihara kucing Anggora yang saya namai dengan sebutan Mochi Ciri-Ciri Ras Kucing Anggora
Kucing Anggora Asli Hitam yang Bulunya Lebat di leher dan ekor saja via : https://commons.wikimedia.org


Selain beberapa keunikan ciri-ciri fisik yang dimiliki oleh kucing Anggora, ada juga keunikan lainnya dari segi bulu. Bulu kucing Anggora ini dapat tumbuh sesuai dengan kondisi cuaca.


Maksudnya yaitu pada intensitas pertumbuhan bulu, kalau cuaca sedang panas maka pertumbuhan bulu si kucing Anggora akan terlihat lebih pendek dan kalau kondisi cuaca sedang hambar biasanya bulu si kucing ini pertumbuhannya lebih cepat.


Bulunya juga halus lho.


Kalian jangan hingga salah mengartikan kucing ini sebagai kucing Persia, alasannya yaitu bulu yang dimiliki oleh kucing Anggora tidak selebat dan sepanjang kucing Persia.


Oiya untuk kucing Anggora, bulunya lebat di bab tertentu saja menyerupai leher dan ekor.


 


9. Harga ras asli


 aku memelihara kucing Anggora yang saya namai dengan sebutan Mochi Ciri-Ciri Ras Kucing Anggora
kucing anggora orisinil warna putih
via : petsme.org


Seperti yang udah kita tahu bahwa kucing Anggora ini berasal dari Turki yang berasal dari tempat Angora (sekarang Ankara) di Turki sana tentunya.


Kemudian selain gemar untuk dipelihara, kucing ini juga kerap dibudidayakan! Kucing Anggora yang populer ini dibudidayakan tentunya ada tujuan tertentu yang utamanya ialah untuk diadopsikan.


Tahukah kau kalau harga kucing Anggora orisinil itu sangat mahal? Menurut Wikipedia, harga untuk mengadopsinya ialah sekitar 4 – 15 juta rupiah per ekornya..Wow! Dan juga ada sertifikasinya.


Harga ini terang berbeda dengan kucing Anggora yang telah dikawinkan dengan ras kucing lainnya (dicampurkan), harganya dapat turun derastis hingga angka ratusan ribu rupiah.


Coba liat di : Harga Kucing Anggora


 


10. Kelangkaan kucing anggora asli


Turkish Angora merupakan ras kucing yang sangat langka. Dengan harga yang mahal dan tentunya dalam hal kepemilikian, kucing anggora orisinil mempunyai akta tertentu menyerupai yang sudah dikatakan di atas.


 


11. Perkawinan dijaga ketat!


 aku memelihara kucing Anggora yang saya namai dengan sebutan Mochi Ciri-Ciri Ras Kucing Anggora
Foto Kucing Anggora Asli di Kebun Binatang Turki. via : https://commons.wikimedia.org


Untuk menjaga keaslian keturunan kucing anggora, perkembang biakan biasanya dijaga ketat. Di Indonesia sendiri biasanya pemiliki kucing anggora orisinil mencari juga pemilik orisinil lainnya.


Kalau di Ankara Turki sana, kucing Anggora orisinil bahkan ada di dalam kebun binatang, mereka dikembangbiakan dengan ras aslinya juga biar tetap lestari. Wow!


 


12. Kepribadian dan Perilaku


 aku memelihara kucing Anggora yang saya namai dengan sebutan Mochi Ciri-Ciri Ras Kucing Anggora
Kucing Anggora Asli Aktif dan Suka Bermain. Via : Shutterstock


Kucing Anggora merupakan kucing yang aktif, bahagia bermain, energik dan penurut sehingga kucing ini bahagia berada di sekitar insan untuk berinteraksi atau sekedar bermain.


Anggora merupakan ras kucing yang cerdas, kepo, gampang dilatih dan menyesuaikan diri juga ramah.


Anggora ini tidak suka dikurung di dalam sangkar atau rumah, ia lebih suka bersama pemiliknya. Selain itu beliau suka mengawasi keadaan sekeliling, bener-bener waspada kucing yang satu ini. Karena energik, ia sangat suka mencari tempat yang tinggi dan ia populer berisik!


Kalian juga harus paham: Cara Merawat Kucing Anggora


 


Kesimpulan


Kucing Anggora ini merupakan kucing yang unik. Bentuk kepala menyerupai kucing lokal, matanya yang unik juga dapat berbeda warna, kemudian bulunya hanya pada bab tertentu menyerupai leher dan ekornya, cara berjalannya yang menyerupai model menciptakan kucing Anggora Turki disukai banyak orang.


Tidak hanya itu, kucing Anggora yang aktif ini cocok untuk kau yang suka bermain dengan peliharaannya. Kamu tidak akan cepat bosan kalau berada di rumah alasannya yaitu ia akan menghiburmu. Namun kau juga perlu bersabar dengan tingkahnya yang terkadang terlalu aktif.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon