Parasit Pada Kucing


Sebagian orang sudah tidak absurd lagi dengan kata parasit, benalu yakni makhluk hidup yang hidup dengan cara menumpang pada makhluk hidup lainnya.





Tentu saja hal ini akan merugikan makhluk hidup yang ditumpanginya, hal ini disebabkan hospes (manusia atau hewan) yang ditumpanginya akan mempunyai kualitas hidup yang menurun lantaran parasit.





Dan apa kau tau? Kucing juga sanggup terkena benalu yang sanggup saja menciptakan kucing kau terjangkit penyakit.





Ingin tau benalu apa saja yang ada pada kucing? simak pembahasan berikut!






Endoparasit





Sebagian orang sudah tidak absurd lagi dengan kata benalu Parasit pada Kucing





Jenis endoparasit yang sanggup menyerang kucing yaitu macam-macam bentuk cacing, cacing yang termasuk jenis benalu yakni cacing pita dan cacing gilig.





Cacing gilig merupakan jenis cacing dengan bentuk gilig yang mempunyai banyak sekali ukuran, contohnya Toxocara dan Ancylostoma. Jenis cacing tersebut sering menyerang terusan pencernaan pada anjing dan kucing.





Ada banyak lagi jenis cacing yang sanggup menyerang banyak organ pada kucing, contohnya ginjal, paru-paru, jantung, dan organ lainnya.





Selain jenis cacing gilig, jenis cacing pita juga sering kali menyerang kucing. Jenis cacing pita yang kerap kali menyerang kucing yakni Dipylidium sp.





Cacing merupakan benalu yang sangat memperlihatkan pengaruh jelek untuk kucing, hal ini dikarenakan cacing yang ada pada tubuh kucing sanggup memakan sari-sari masakan yang berada dalam usus kucing dan sanggup mengakibatkan kerusakan pada dinding usus.





Kucing akan mengalami anemia dan usang kelamaan tubuh kucing bermetamorfosis kurus, alasannya gizi yang ada di dalam tubuh diambil oleh parasit.





Cacing Ancylostoma akan mengakibatkan usus kucing rusak sehingga kucing anemia dan mengalami pendarahan.





Kucing yang terjangkit endoparasit yaitu terdapat cacing dalam tubuhnya, sanggup diobati memakai obat cacing.





Sebelumnya, Kamu perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan. Obat cacing ini sanggup mengatasi cacing pita maupun cacing gilig yang menyerang tubuh kucing.





Ektoparasit





Sebagian orang sudah tidak absurd lagi dengan kata benalu Parasit pada Kucing




Ektoparasit yang sanggup menyerang kucing yaitu kutu, tungau, pinjal, dan jarang oleh caplak.





Pinjal sering dijumpai pada banyak kucing, hampir semua kucing yang tinggal di luar rumah, akan terdapat pinjal pada bulunya.





Beberapa tragedi pada kucing tidak memperlihatkan adanya tanda-tanda yang tampak mencolok ketika ada pinjal pada tubuh kucing tersebut.





Tetapi, pada sebagian tragedi lainnya, kucing akan memperlihatkan tanda-tanda berupa bulu rontok, keradangan hebat, dan reaksi dari iritasi berlebihan.





Kucing yang terjangkit benalu berupa pinjal ini harus segera dibawa ke dokter binatang untuk diberi pengobatan semoga sanggup menghindari banyak sekali kemungkinan yang sanggup merugikan lainnya.





Ektoparasit lainnya yakni tungau, tungau sering kali menyerang kucing dan hal ini akan sangat merugikan, jenis tungau tersebut ialah Notoedres, Sacroptes, Demodex, dan Cheyletiella.





Skabies yakni nama dari infeksi yang disebabkan oleh Sacroptes, infeksi ini akan menciptakan kucing merasa gatal yang sangat berlebihan, penyakit kulit ini akan sangat mengganggu kucing dan menciptakan kucing tidak nyaman.





Selain menyerang kucing, penyakit ini juga sanggup menyerang anjing. Sacroptes akan menciptakan terowongan dalam kulit kucing peliharaanmu





Kemudian hidup dan bertelur di sana, lebih susahnya lagi tungau tidak akan terlihat pada permukaan kulit kucing.





Pada beberapa kejadian, kucing tidak memperlihatkan tanda-tanda gatal, hal ini menciptakan pemilik kucing tidak mengetahui apabila kucing tersebut terkena infeksi.





Tetapi, kemudian kucing akan memperlihatkan reaksi gatal yang berlebihan dan akan berkembang sampai kucing merasa tidak nyaman.





Otodectes sp yakni jenis tungau yang menyerang indera pendengaran kucing. Tungau juga sanggup menjadikan radang pada indera pendengaran kucing, kalau hal ini tidak pribadi ditangani dan dibiarkan maka akan terjadi keradangan mahir yang menjadikan kucing peliharaanmu menjadi tuli.





Gejala yang ditampakkan yaitu indera pendengaran kucing terlihat kotor, bila hal ini terus berlanjut indera pendengaran kucing akan mengeluarkan cairan yang anyir dan bernanah.





Pada beberapa kasus menyerupai ini, kucing akan terlihat menggelengkan kepalanya pada satu sisi bergantung pada indera pendengaran mana yang diserang oleh jenis tungau ini.





Kucing yang terinfeksi oleh jenis tungau ini sanggup sembuh, asalkan dibawa ke dokter binatang dan dikonsultasikan dengan dokter, sehingga sanggup diberikan penanganan yang tepat.





Umumnya, kucing yang terinfeksi tungau akan memperlihatkan tanda-tanda gatal yang sangat hebat, sehingga kucing akan merasa tidak nyaman akhir terjangkit tungau tersebut.





Awalnya dikala kucing peliharaan gres terjangkit tuang, pemilik tidak sanggup mengetahuinya lantaran gejalanya tidak terlihat





Namun, kucing akan memperlihatkan reaksi gatal, mencoba menggaruk, atau mencoba untuk menggosokan badannya pada benda yang keras di sekitarnya.





Pada keadaan yang sudah parah, kucing tidak akan mempunyai nafsu untuk makan dan minum sehingga akan sangat mengganggu, bahkan kucing tersebut tidak akan makan.





Hal tersebut menyadarkan pemilik kucing bahwa tungau merupakan benalu yang akan sangat mengganggu kenyamanan kucing peliharaanmu.





Kucing yang terjangkit dan terinfeksi oleh ektoparasit sanggup disembuhkan dengan memakai obat anti ektoparasit.





Dengan penanganan dan pengobatan yang sesuai, ektoparasit yang menyerang kucing peliharaanmu sanggup teratasi.





Pastinya Kamu harus bersabar dalam menangani dilema tungau pada kucing, hal ini dikarenakan tungau tinggal dalam kulit kucing sehingga pengobatannya membutuhkan waktu usang dan tidak mudah.





Oleh lantaran itu, pemilik kucing harus selalu memperhatikan dan merawat kucing peliharaannya dengan benar dan baik.





Kucing harus selalu grooming dengan rutin dan dibelikan masakan yang berkualitas.





Kucing juga perlu diberi obat cacing secara rutin semoga sanggup terhindar dari cacing yang merupakan endoparasit. Paling penting yakni memastikan kucing senang semoga mempunyai imun yang kuat.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon