Penyebab Dan Cara Mengobati Kucing Flu

Siapa yang gak suka kucing peliharaanya sehat? Pasti suka semua bukan? Hehe. Kita aja jikalau lagi gak sehat niscaya merasa tidak nyaman, kucing yang kita pelihara juga menyerupai itu kawan. Biasanya ketika ekspresi dominan pancaroba maupun hujan, penyakit yang paling sering diderita oleh kita dan kucing peliharaan yaitu flu. Kalau kita kena flu obatnya praktis pribadi aja pergi ke apotek terdekat, nah jikalau cara mengobati kucing flu gimana? Hmm.


Flu biasanya praktis banget menyerang kucing yang belum divaksin dan yang mager alias malas gerak (kurang olahraga hehe). Semua ras kucing dapat terkena flu tentunya tapi berdasarkan pengalamanku sih, kucing ras persia lebih praktis terkena penyakit flu ini dibanding dengan ras lainnya.


Baca juga : Ciri-ciri kucing anggora orisinil tahan penyakit


Walau dapat dibilang penyakit yang wajar, tapi jangan dianggap sepele kawan. Kenapa? Kalau kau punya kitten atau anak kucing yang masih berumur antara 1 bulan, itu mengancam banget lho.


Di artikel ini, KucingPedia.com akan menunjukkan informasi tentang kucing flu dimana membahas ihwal ciri-ciri kucing flu, penyebab kucing flu dan tentunya cara mengobati kucing flu.


 


Siapa yang gak suka kucing peliharaanya sehat Penyebab dan Cara Mengobati Kucing Flu


apa penyebab kucing sakit flu?. Foto via : www.catsofaustralia.com


Supaya kau tahu gimana cara mengobati kucing sakit flu, kau harus tau dahulu ciri-ciri kucing sakit flu dan penyebabnya.


 



Ciri-ciri kucing flu


Adapaun beberapa ciri-ciri yang dapat kita perhatikan untuk mengetahui apakah kucing sedang sakit flu (pilek) menyerupai :



  • Badan terasa panas (demam)

  • Bersin-bersin

  • Nafsu makan berkurang

  • Mata memerah

  • Batuk

  • Keluar ingus

  • Kurang energik

  • Sariawan

  • Mata kucing dapat berair


Biasanya tanda-tanda flu di atas terjadi selama 1 minggu, nah sesudah satu ahad (minggu ke 2 atau 3) biasanya kesehatan tubuh kucing akan membaik dan diharapkan sembuh.


 


Penyebab Kucing Flu


Kenapa kucing flu? Nah kita akan lanjut mengenai penyebab kucing sakit flu atau pilek. Ternyata ada banyak sekali penyebab kucing flu menyerupai :


1. Daya tahan tubuh kucing


Sebenarnya ini faktor flu kucing. Daya tahan tubuh kucing yang menurun tentu akan praktis terkena virus, salah satunya ya virus yang menjadikan si kucing sakit flu.


 


2. Virus


Infeksi menjadi salah satu penyebab kucing flu yang utama, virus ini dapat dari herpes (feline herpesvirus), cacilivirus (FCV). Hasil riset menyebutkan bahwa 80% kucing flu alasannya ialah salahs satu dari kedua virus tersebut.


Penting! Bahaya bulu kucing terkait flu kucing


Sebaiknya jikalau terdeteksi ada nanah alasannya ialah virus tersebut, segera hubungi dokter.


Jika tidak kucingmu yang lain dapat terancam kesehatannya, alasannya ialah menular lewat air liur, bersin, masakan dan minuman juga dari peralatan memelihara kucing (kandang, kotak makan dan lain sebagainya)


 


3. Bakteri


Penyebab kucing flu juga dikarenakan oleh bakteri, basil yang berjulukan Chlamydophila Felis dan Bordetella Bronchiseptica dimana kedua basil ini juga menginfeksi anjing. Kalau kena virus dan basil gimana ya, bisa-bisa kucing flu berat.



bagaimana cara mengobati kucing flu?




 


Cara Mengobati Kucing Flu


Siapa yang gak suka kucing peliharaanya sehat Penyebab dan Cara Mengobati Kucing Flu
cara mengobati kucing flu untuk anak kucing gimana ya?. via : https://pixabay.com/


Nah kini waktunya ke topik paling penting yaitu cara mengatasi kucing flu atau cara menyembuhkan kucing flu secara alami.


Tapi sebelum kau tahu cara mengatasi sakit flu pada kucing, kucing flu obatnya apa gotong royong tidak ada secara spesifik obat untuk kucing flu.


Tapi supaya kucing mu yang sedang flu dapat segera sembuh, berikut cara-caranya :


1. Memberikan madu


Madu merupakan obat yang mujarab untuk segala penyakit, khususnya obat untuk kucing flu.


Berikan madu untuk si kucing dalam 1×4 jam, taruh aja sedikit di sangkar atau campurkan dengan air minumnya.


 


2. Memberikan vitamin


Vitamin maupun embel-embel juga penting untuk menjaga daya tahan tubuh si kucing dalam cara mengobati kucing flu.


Fungsi vitamin ini terperinci untuk memaksimalkan daya tahan tubuh si kucing dengan cara memenuhi kebutuhan nutrisinya.


Daya tahan tubuhnya membaik dan terjaga, alhasil virus atau penyakit yang nyebabin pilek gak mau deket-deket. Oiya, asupan vitamin menyerupai prebiotik anggun banget sebagai obat untuk kucing flu.


 


3. Jemur si kucing


Berjemur di pagi hari sangat menghangatkan tubuh si kucing, membunuh kuman penyebab bibit penyakit. Bagusnya sih sekitar pukul 07.00 – 09.00, dan jemur cukup 10 menit saja.


 


4. Menjaga suhu tubuh


Jaga suhu tubuh si kucing, jangan biarkan beliau kedinginan ketika sehat maupun ketika flu. Kalau kehujanan, pribadi handukin dan blow bulunya supaya kering.


 


5. Jangan memandikan


Kalau kucing sedang flu, tubuhnya akan rentan terhadap air. Makara ketika flu sebisa mungkin jangan sering dimandikan atau kurangi agenda mandinya.


Kalau kucingmu kotor, pakai kain lembap saja untuk mengusap secara perlahan bulu kucingnya. (baca : cara memandikan kucing yang baik)


 


6. Membersihkan ingus


Cara mengobati kucing flu yang ke 6 ialah memberishkan ingus si kucing. Biasanya jikalau sedang flu, hidung akan praktis mengeluarkan ingus kan?


Sebaiknya kau bersihkan ingus kucingnya alasannya ialah ingus mengandung banyak sekali kuman dan basil yang malah menciptakan si kucing makin parah flunya.


 


7. Biarkan kucing istirahat


Kalau sudah melaksanakan banyak sekali cara mengobati kucing flu secara alami tapi si kucing masih aja belum sembuh, mungkin kau belum menunjukkan waktu untuk kucing beristirahat.


Istirahat sangat diharapkan oleh kucing supaya proses penyembuhannya maksimal. Jauhkan mainan atau benda yang bersifatnya merangsang kucing untuk bergerak.


Kamu juga dapat melaksanakan vaksin kucing supaya kucingmu kebal terhadap virus tertentu.


Walau obat kucing sakit secara spesifik belum ada, tapi jikalau kau dapat melaksanakan 7 cara mengobati kucing flu menyerupai di atas.


Kamu harus sabar untuk mengobati penyakit kucing yang satu ini. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh kamu, supaya kau juga tidak sakit flu.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon