Ciri-Ciri Kucing Hamil

Banyak pemilik kucing bertanya apa saja ciri-ciri kucing hamil, tentu ini sebab suatu hal yang diidamkan dari kucing yang kita pelihara nih yaa tentu aja punya keturunan.


Terutama dikala kucing kita yakni betina, senangnya kucing dapat bertambah banyak.


Untuk memastikan kucing kesayangan kita hamil atau tidak, tentu harus tahu dong apa aja tanda-tandanya. Untuk mengetahui ciri-ciri kucing hamil sebenarnya tidak harus melulu pergi ke dokter.


Kita dapat mengidentifikasi kehamilan kucing kesayangan kita sendiri melalui perubahan fisik atau pun dari perilakunya.


Nah, disini kita akan membahas gejala kucing hamil agar kau dapat mengetahui kehamilan kucing semenjak dini. Berikut informasinya.


 



Ciri-ciri kucing hamil


Banyak pemilik kucing bertanya apa saja ciri Ciri-ciri Kucing Hamil


foto kucing hamil. via : http://cf.ltkcdn.net


Cara mengetahui kucing hamil bisa kita lihat dari perubahan perilaku si kucing yang terjadi datang – tiba. Sebelum perubahan fisik yang kentara, kita dapat mengidentifikasi kehamilan si binatang yang menggemaskan ini lewat perilakunya.


Berikut ini perubahan sikap yang biasa terjadi.


1. Muntah


Ciri-ciri kucing hamil yang pertama ilaha kucing jadi sering muntah-muntah. Sama halnya dengan insan nih, kucing hamil awalnya akan muntah – muntah tapi gak semua kucing mengalami hal tersebut.


Ada baiknya kalo kucing kita mengalami muntah – muntah itu segera dibawa ke dokter!


Jadi kita dapat tahu penyebab kenapa beliau muntah, apakah sebab hamil atau sakit. Untuk lebih jeleas ihwal kucing muntah, baca aja Penyebab Kucing Muntah.


 


2. Siklus birahi yang berhenti tiba-tiba


Rata – rata satu periode siklus birahi kucing yakni 1 – 1,2 bulan dan waktu birahi akan berlangsung selama 7 hari.


Nah, kalau dalam waktu birahi tersebut si kucing tidak minta kawin, tandanya siklus birahinya berhenti.


Hal tersebut dapat menjadi kemungkinan besar untuk ciri kucing hamil 1 ahad atau sedang hamil baru-baru ini.


 


3. Nafsu makan meningkat


Kucing yang sedang hamil nafsu makannya akan meningkat kawan, kenapa? Dia perlu energi dan protein yang lebih dibanding kucing biasanya sebab dikala ini kucing sedang mengandung.


Karena sedang mengandung, tentunya energi yang dikeluarkan lebih banyak dan menciptakan ibu kucing cenderung nafsu makannya akan meningkat.


Pada fase ini usahakan kau memperlihatkan masakan dan minuman yang bernutrisi untuk memenuhi kebutuhan kehamilannya.


 


4. Manja dan lebih lembut


Ciri-ciri kucing hamil biasanya terlihat lebih lembut tingkahnya dan kadang – kadang menjadi lebih manja sama kita sebagai pemilik.


Kadang ada dari mereka yang terlihat gelisah dan menyendiri.


 


5. Kucing tiba-tiba jadi tukang tidur?


Biasanya untuk cara mengetahui kucing hamil dapat memperhatikan siklus tidurnya.


Kucing yang sedang hamil cenderung lebih sering untuk tidur, tapi bukan berarti kucing yang sering tidur itu sedang sakit walau mungkin iya tapi diperhatikan ciri-ciri kucing hamil yang lainnya.


Tadi sudah dibahas kalau kucing yang sedang hamil nafsu makannya cenderung meningkat sebab untuk memenuhi kebutuhan protein berkelanjutan untuk ibu kucing dan bayinya, badannya juga tentunya gede.


Nah kalau kucing yang sakit niscaya nafsu makannya turun dan badannya kurusan dikit.


 


6. Kelakuan ibarat bersarang


Nah kalau yang kayak gini maksudnya gimana? Ini dapat menjadi ciri-ciri kucing hamil tua. Biasanya kalau kucing akan melahirkan dalam waktu dekat, kucingmu akan mulai berkelakuan kesana kemari mencari tempat yang nyaman dan ibarat menyiapkan tempat untuk menetap di situ untuk beliau dan bayi-bayinya.


Biasanya kucing akan mencari tempat yang sunyi dan membawa barang yang hangat ibarat kain, handuk bahkan selimutmu untuk tempat melahirkan si kucing. Haha.


 


7. Sensitif terhadap kucing lain


Ibu kucing yang sedang hamil akan lebih sensitif dari biasanya. Ia ibarat menjaga calon anaknya


 


Kemudian, kau dapat tahu ciri-ciri kucing hamil dari segi fisik


Banyak pemilik kucing bertanya apa saja ciri Ciri-ciri Kucing Hamil


Dari segi fisik, kucing akan memperlihatkan beberapa perubahan yang cukup kentara. Kalau kita sering memperhatikannya secara rutin, niscaya akan gampang mengetahuinya.


Berikut ini perubahan fisik yang sering terjadi.


 


8. Perut si kucing mulai membesar


Kalau ciri-ciri kucing hamil yang satu ini udah terperinci banget ya, yang namanya hamil ya perutnya juga makin besar.


Tapi perut kucing akan kelihatan mulai membesar itu dikala memasuki usia kehamilan 5 minggu. Selanjutnya, perut akan semakin membesar hingga waktu melahirkan.


 


9. Puting si kucing menjadi kemerahan dan membesar


Disamping perutnya yang membesar, puting si kucing juga akan terlihat lebih besar dari biasanya.


Ciri-ciri lainnya dapat dilihat dari warna putingnya yang kemerah – merahan.


 


10. Bulu yang mulai rontok


Umumnya, bulu di kawasan sekitar puting si kucing akan menipis sebab rontok. Jika hal tersebut terjadi maka ada indikasi si manis ini hamil. Bulu yang rontok juga dapat terjadi di kawasan lainnya.


Jangan khawatir, hal itu cuma sementara dan alamiah kok.


Waspada!


Kalau kucingmu gak sedang hamil, baca cara mengatasi bulu kucing yang rontok di artikel KucingPedia yang itu juga udah ada penyebab-penyebabnya kok.


 


11. Keluar air susu


Dari ciri-ciri kucing hamil yang satu ini kita dapat memprediksi waktu kelahiran lho.


Yuhuuu, dikala si kucing sudah dapat mengeluarkan air susu diperkirakan kehamilannya tinggal kurang lebih 2 hingga 3 ahad lagi.


Caranya kita dapat memencet puting si manis dengan lembut untuk memastikan sudah keluar air susu atau belum.


 


12. Bentuk punggung kucing melengkung


Biasanya kucing yang sedang hamil kalau kita amati dari ujung kepala hingga ke ekornya, akan terlihat lengkungan pada punggung kucing dengan serpihan perut yang membulat besar.


Bentuk tubuh ibarat ini biasanya dialami oleh kucing yang hamil bau tanah dan akan melahirkan


 


Berapa bulan kucing hamil


Bagi yang pertama kali menghadapi kucing kesayangan hamil nih, pertanyaan berapa usang masa kehamilan kucing mungkin melayang – layang di pikiran. Yang jelas, jangan samakan kehamilan kucing dengan kehamilan insan yang 9 bulan yaa.


Rata – rata kucing betina mempunyai masa kehamilan sekitar 65 hari dalam interval 64 hingga 67 hari (Wikipedia).


Tapi ada juga yang menyebutkan kalau kucing hamil selama 58 hingga 74 hari. Dan kucing juga ada yang melahirkan secara prematur kalau kesehatan si janin kurang baik.


Jika ada yang bertanya berapa usang kucing hamil, menurut masa kehamilan di atas dapat disebut kalo kucing hamil selama 2 hingga 2,5 bulan.


Ada faktor yang mempengaruhi masa kehamilan dari si binatang menggemaskan ini yakni kondisi kesehatan dan jenis kucing itu sendiri. Selain itu, banyaknya janin yang di kandung juga akan mempengaruhi.


Sekedar warta nih, kucing akan mengandung janin paling sedikit 1 dan paling banyak 13. Namun, rata – rata kucing betina yang hamil akan melahirkan 4 hingga 6 anak kucing.


Saat si kucing hanya mengandung 1 janin, besar kemungkinan untuk tidak melahirkan secara normal melainkan dengan operasi caesar.


Itu dikarenakan tubuh janin kucing yang besar sehingga tidak dapat lahir normal.


Kalau kau udah tahu ciri-ciri kucing hamil dan ingin memastikan kehamilan dan berapa janin yang dikandungnya, kita harus konsultasi sama dokter binatang tentunya. Disana kucing biasanya diperiksa melalui X-ray atau istilahnya itu USG.


 


Makanan kucing hamil


Pertanyaan yang sering muncul selanjutnya yakni mengenai masakan kucing hamil. Kita dapat menentukan masakan terbaik untuk si kucing yang bergizi tinggi.


Lebih anggun kalau kita menentukan makan dengan brand yang sudah terbukti kualitasnya, karena sudah diformulasikan untuk kebutuhan kucing hamil.


Berikan porsi yang lebih banyak dan juga sesekali memberi tambahan kalsium untuk memperkaya produksi air susu.


Itu beliau warta mengenai ciri-ciri kucing hamil muda dan hal terkait yang perlu diketahui.


Tambahan info nih ya, ada baiknya kalau kita rutin check up ke dokter untuk menilik keadaan induk kucing dan janinnya.


Dan, dapat menambah kesiapan kita dikala menjumpai si kucing kesayangan akan mempunyai keturunan. Semoga artikel ini bermanfaat yaa. Aamiin.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon